Adsense

Usaha Yang Berhubungan Dengan Pertanian

Usaha Yang Berhubungan Dengan Pertanian

Jika membahas usaha yang berhubungan dengan pertanian, sebenarnya banyak sekali yang belum kita ketahui, banyak jenis usaha pertanian atau perkebunan yang sering di lupakan oleh banyak orang, padahal usaha pertanian di desa pontensinya sangatlah besar, dengan adanya potensi yang sangat besar pastinya usaha ini sangat menguntungkan dan peluangnya terbuka lebar.

Oleh karena itu www.bisniskunews.com kali ini akan membahas  tuntas secara detail mengenai peluang usaha yang berubungan dengan pertanian, Beserta Contohnya.

Pertanian Padi

Inilah 15 Usaha Yang Berhubungan Dengan Pertanian 

1. Usaha Toko Pertanian 

Usaha toko pertanian pastinya tidak luput dari bahan dan alat-alat perkebunan, barang mustahil jika para petani tidak membutuhkan alat pendukung seperti.
  • Arit
  • Cangkul
  • Parang / Pisau
  • Mesin Penebas
  • Mesin Pemotong
  • Alat Panen/ Pemetik
  • Pompa Air Ladang
  • Pompa Tangki Penyiram
  • keranjang
  • DLL
Alat dan bahan sudah menjadi satu kesatuan jika ingin memulai membuka lahan pertanian. oleh karena itu membuka usaha penjualan bahan pertanian juga sangatlah besar sekali peluangnya. apalagi jika kalian masih tingal di daerah pedesaan, maka ini adalah peluang emas.

toko alat pertanian dan perkebunan


Jika kalian memiliki modal lebih tidak ada salahnya jika kalian membuka usaha pejualan alat pertanian ini di karenakan ini masih menjadi satu kesatuan dari usaha yang berhubungan dengan pertanian.

2. Memulai Usaha Sebagai Pengepul Atau Pemborong

Tidak ada salahnya jiga kita ingin memulai usaha dengan menjadi pengepul atau pemborong, Menjadi seorang pemborong juga sangat menguntungkan, Seorang pengepul juga bisa mengontrol harga pasar, banyak sekali pengepul dan pemborong yang sudah di sukses, apalagi jika kita menjualnya ke kota.
Ini beberapa contoh usaha jika ingin menjadi seorang pengepul.
  • Pemborong atau pengepul hasil panen padi "beras"
  • Pemborong Hasil Panen Biji Kopi
  • Pemborong Hasil Pertanian Sayur Sayuran
  • Pengepul Hasil perkebunan karet dan sawit
  • Pengepul Hasil Panen Buah-Buahan 


Contoh di atas hanya sebagai sempel, jika kalian berminat memuli usaha sebagai pemborong, pastikan kalian sudah meriset pasar terlebih dahulu yang ada di sekitar, lihat peluang dan calon costumernya, dan kemana tujuan penjualan kalian nanti.

Usaha Pertanian

3. Membuka Usaha Simpan Pinjam Permodalan Pertanian

Membuka usaha tempat simpan pinjam permodalan pertanian juga sangat menarik, opsi usaha ini sangat berpotensi akan berkembang dan maju, perlu diketahui terkadang para petani terkendala modal untuk membuka lahan pertanian, kekurangan modal dalam penggarapan lahan. 

Saat mereka membutuhkan bantuan dalam permodalan berarti di sana ada peluang, selain kita dapat membantu mereka, kita juga mendapatkan keuntungan dari bagi hasil dan biaya peminjaman dari permodalan tersebut.

Selain dapat memimjam permodalan, mereka juga bisa menyimpan uang atau hasil panen merakaa kepada kalian, menyimpan untuk di investasikan entah itu dalam bentuk jual beli ataupun gadai.

4. Usaha Penyewaan Lahan

Membuka usaha penyawaan lahan sedikit berbeda dengan usaha simpan pinjam, usaha simpan pinjam hanya memijamkan uang untuk permodalan sedangkan penyewaan lahan hanya menyawakan lahannya saja, Pastinya usaha ini masih berhubungan dengan pertanian.

Penyewaan lahan memiliki banyak kategori, entah itu penyewaan lahan hanya untuk sekali panen ataupun sewa pertahun. jika kita memiliki banyak lahan kosong alangkah baiknya jika kita menyewakan kepada petani yang ingin menggarap, selain lahannya terpakai kita juga mendapatkan keuntung, keuntungan bisa berupa bagi hasil atau hanya biaya sewa saja.

5. Usaha Pengelelolaan Hasil Pertanian Padi

Jika kalian tinggal di pedesaan alangkah baiknya jika kalian membuka usaha pengelolaan hasil pertanian, seperti membuka usaha penggilingan padi, pastinya kita tau bahwa padi akan menjadi beras jika sudah dilakukan proses penggilingan atau pemisahan memalui mesin. 

beras hasil pengolaan padi


Membuka usaha ini tidak memerlukan skil yang berlebihan, cukup mengontrol takaran muatan mesin, akan tatapi membuka usaha penggilingan padi memerlukan modal yang cukup besar, membuka usaha ini juga memerlukan lahan yang cukup lebar untuk penampungan pembuangan limbah hasil pemisahan.

6. Membuka Usaha Penjualan Bibit Pertanian

Menjual bibit pertanian jarang dilakukan oleh masyarakat dipedesaan, mereka terkadang hanya berfocus sebagai petani saja. hingga peluang ini sering dilupakan, padahal potensinya sangat besar sekali, menjual berbagai jenis bibit-bibitan dapat menjawab kebutuhan para petani yang kesusahan dalam mencari bibit, bibit yang biasanya di cari oleh para petani sebagai berikut.
  • Bibit Jagung
  • Bibit Padi
  • Bibit Kedelai
  • Bibit kopi
  • Bibit Sayur-Sayuran
  • Bibit Cabe Merah
  • Bibit Cabe Setan
  • Bibit Umbi-Umbian
Beberapa contoh bibit di atas masih berhubungan dengan usaha yang berhubungan dengan pertanian pastinya. silakan di coba yang sekiranya bisa di jalankan disekitar lingkungan kalian.

7. Usaha Penjualan Pupuk Pertanian

Pupuk adalah salah satu bahan Pokok dalam usaha pertanian, tanpa adanya pupuk pertanian tidak akan bertumbuh dengan baik ataupun bisa mati karna kekurangan zat hera yang memberik nutrisi pada tumbuhan, oleh karena itu pupuk sangatlah penting untuk pertanian dan perkebunan, untuk jenis pupuk sangatlah banyak, jenis dan kegunaan pupuk sangat berbeda tergantuk kegunaannya.

Perlu di ingat ada dua jenis pupuk yang biasa di gunkan para petani, yang pertama pupuk organik, pupuk organik juga berbagai jenis seperti.
  1. Pupuk Kompos
  2. Pupuk Cair
  3. Pupuk Akar
  4. Pupuk Hijau
  5. Pupuk Kandang
  6. Pupuk Organik Dari Kotoran Hewan
  7. Pupuk Organik Dari Sisa Pembakaran
  8. Pupuk Organik Dari Hasil Gabah Petani
  9. Pupuk Organik Dari Sisa Makanan 


Yang kedua adalah pupuk Kimia, Pupuk Kimia juga sering digunakan petani, pupuk kimia sangat mudah di dapat dan mudah untuk di gunakan, Akan tetapi perlu di perhatikan cara penggunaan pupuk ini, ada beberapa tumbuhan yang sangat sensitif terhadap zat kimia, dan inilah beberapa contoh pupuk kimia.
  • Pupuk Za (Zwavelzure Amonium)
  • Pupuk SP-36 (Super Phosphate)
  • NPK Phonska
  • KCI (Kalium Klorida)
  • ZK (Zwavelzure Kali)
  • Dolomine (Kapur Karbonat)
Penjelasan mengenai pupuk di atas hanyalah segelintir saja, untuk memulai usaha ini kalian harus belajar lebih banyak mengenai pupuk dan kegunaan pupuk.

8. Menjual Perlengkapan Obat Pertanian (Racun Tumbuhan)

Membuka usaha ini hampir sama seperti membuka usaha perlengkapan alat pertanian dan pupuk pertanian, saat ini banyak toko yang hanya menjual obat obatan  untuk tumbuhan saja, jenis obat obatan  tumbuhan sangatlah banyak sekali, oleh karena itulah jika kalian berniat mebuka usaha yang berhubungan dengan pertanian cukup focus menjual obat obatan saja. selain peluangnya besar pangsa pasanyapun juga sangat besar sekali.



9. Membuka Usaha Makanan Hasil Dari Pertanian

Membuat produk makanan dari hasil pertanian bukan perkara muda, tapi tidak ada salahnya jika kita ingin mencoba sesuatu hal yang baru, produk hasil pengolaan bahan makanan dari pertanian juga memiliki keuntungan tinggi jika di kelola dengan baik dan benar, contoh pengelolaan umbi umbian seperti Ubi jalar, Kentang, Singkong dll, dari contoh tersebut kita dapat mengolahnya menjadi sebua produk yang siap jual, dan siap di konsumsi, Berikut Contoh Produk Kreatif Pertanian.

A. Contoh Produk Kreatif Pertanian

  • Pengolaan Manisan Salak Pondo (Banyak Terdapat Di Daerah Jawa)
  • Pengolaan Manisan Dari Terong (Salah Satu Makanan Khas Bengkulu)
  • Pengolaan Makanan Dodol Durian (Makanan Khas Sumatra dan Kalimantan)
  • Pengolaan Makanan Selai Pisang (Makanan Khas Lampung dan Kebumen)
  • Pengolaan Makanan Coklat Salak kuning
  • Pengolaan Makanan Ringan Dari Pepaya
  • Pengolaan Makanan Kacang Kacangan
  • Pengolaan Biji Kopi Menjadi Bubuk Kopi Ungul

contoh produk kreatif pertanian


10. Usaha Penjualan Hasil Pertanian Organik

Hasil Pertanian Organik sangat mudah untuk dikelolah, jika seandainya kita memiliki ladang pertanian organik alangkah baiknya kita juga mengelola hasilnya, seperti beras organik bahan sayur sayuran organik, dengan adanya bahan seperti itu, kita bisa memanfaatkan hasilnya menjadi sumber pendapatan tambahan dengan membuka ruma makan organik.

Untuk Membaca Cara Budidaya Sayuran Organik Dalam Polybag Klik Disini

Sudah banyak contoh rumah makan organik yang berhasil, seperti yang ada di kota Yogyakarta, ada namanya rumah makan dan resort oragnik yaitu Bumi Langit. resort yang berkomsep organik selain bisa menjadi tempat makan juga bisa berpungsi sebagai tempat wisata tanaman organik. 

11. Usaha Penyewaan Mesin Pertanian

Perkebunan dan Pertanian juga tidak luput dari alat dan mesin, tidak hanya membuka toko peralatan pertanian, kita juga bisa membuka jasa penyewaan mesin, petani terkadang enggan membeli mesin karena terlalu mahal dan banyak resiko, selain itu petani juga tidak sempat untuk mengoprasikannya dikarenakan disibukkan dengan pertaniannya. oleh karena itu peluang ini sangat besar jika kita ingin memanfaatkannya. mesin apa saya yang biasanya di gunakan para petani sebagi berikut.
  1. Mesin Perontok Padi
  2. Mesin Penggiling Kopi
  3. Mesin Pembajak Sawah
  4. Mesin Pemotong Rumput
  5. Mesin Pemotong Kayu
  6. Mesin Pemompa Air Ladang
  7. Mesin Pengangkut Bahan Sayur Sayuran
  8. Mesin Penggiling Tepung Beras
  9. Dan Masih Banyak Lainnya

Maka jika kalian berminat tidak ada salahnya mencoba membuka usaha persewaan alat pertanian, sebelum membuka usaha ini dipastikan kalian sudah memperhitungkannya. dan sudah meriset pasar yang di tuju.

Usaha Di Bidang Pertanian Biasanya Berupa Tanaman Berikut Kecuali

Usaha atau Bisnis Pertanian terkadang menjadi perdebatan dan perbedaan pandangan dari sebagian orang, dan ada beberapa hal yang di kecualikan oleh petani bahwa beberapa tanaman ini tidak termasuk sebagai tumbuhan pertanian.

  • Eceng Gondok
  • Kumbua (Bahan Pembuatan Tikar)
  • Pohon Rembi / Rembia
  • Bungkut Kucing
  • Pinang
  • Pohon Aren
  • Macang
Mungkin perihal kata dan contoh di atas sedikit asing bagi orang perkotaan, akan tetapi tidak untuk masyarakat pedesaan, Mereka Pasti tau dan paham beberapa tumbuan di atas.

Peluang Usaha Pertanian Di Desa

Bisnis Pertanian di desa sebenarnya banyak sekali, kita tinggal memilih apa yang mampu kita jalankan, dan skill apa yang kita miliki, jika kita tidak memiliki lahan kita bisa menyewanya, jika kita tidak ada modal kita bisa meminjam modal pada pihak simpan pinjam modal usaha (koprasi).

Banyak hal yang bisa kita lakukan seperti membuat tanaman hias ataupun memanfaatkan perkarangan rumah menjadi ladang Pertanian, membuat tumbuhan Haidroponik ataupun membuat lahan sayuran dari polibag. 

Seandainya pun kita tidak ingin menjadi petani banyak hal juga yang bisa kita jadikan bisnis, seperti menjadi pengepul atau pemborong dari hasil pertanian tersebut. 

Jika Memiliki Ide kreatif, kita juga bisa memanfaatkan inovasi dalam pengolaan hasil pertanian menjadi produk makanan. asal ada kemauan dan berani untuk memulai, pasti ada jalannya.

Proposal Usaha Toko Pertanian

Mengajukan propopal Tidak ada salahnya, jika kalian kekurangan modal untuk membangun usaha toko pertanian, dan baru ingin merintis toko pertanian, kalian bisa mengajukan proposal kepada pihak sponsor ataupun pada pemerintah daerah untuk bekerja sama dalam pembanguan pertanian. ataupun kalian juga bisa mencari investor dalam pembangunan usaha toko pertanian ini.

Itulah beberapa penjelasan tentang usaha yang berhubungan dengan pertanian, semoga informasi dari Bisniskunews.com bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

LihatTutupKomentar