Adsense

Peluang Usaha Pertanian Di Desa

Peluang Usaha Pertanian Di Desa

Peluang Usaha Pertanian Di Desa yang bisa di manfaatkan sangatlah banyak sekali, Peluang usaha di desa masih terbilang mudah untuk di jalankan, apalagi jika membahas peluang usaha pertanian yang menguntungkan, hampir semua sektor pertanian itu sangat menguntungkan jika kita benar dan telaten dalam menjalankannya.

Oleh karena itu, kali ini Bisniskunews.com akan memberikan informasi mengenai peluang usaha pertanian di desa yang sangat menguntungkan. apa saja yuk simak penjelasan berikut ini.

peluang usaha pertanian
Peluang Usaha Pertanian Di Desa


Usaha Yang Menguntungkan Di Desa 

Usaha yang dapat mengguntungkan di pedesaan sangat begitu banyak, tidak cukup satu pembahasan saja jika semuanya kita bahas, oleh karena itu kali ini bisniskunews.com hanya akan membahas dua sektor bisnis pertanian paling populer  dan mesih besar peluangnya :

Dua tema yang akan kita bahas yaitu :
  • Macam Macam Usaha Pertanian
  • Usaha Yang Berhubungan dengan Pertanian

Macam Macam Usaha Pertanian

Beberapa Topik Yang Akan kita bahas mengenai macam macam usaha pertanian.
  1. Usaha Penjualan Bibit Petanian
  2. Bisnis Sayur Organik
  3. Cara Membuat Lahan Sayur Organik
  4. Budidaya Tanaman Rempah
  5. Bisnis Hidroponik Sekala Rumahan
Dan berikut ini adalah ulasan satu persatu mengenai usaha pertanian beserta cara pembuatannya :

1. Usaha Penjualan Bibit Pertanian

saat ini bibit tanaman masih susaha untuk dicari, kebanyakan petani mencari bibit tanaman ke kota ataupun membeli di marketplace. jika kalian berminat membuat usaha penjulalan bibit pertanian ini sangat cocok sekali. contohnya :
  1. Benih Pada organin (Beras Organik)
  2. Bibit Kopi Unggul
  3. Bibit Sawait
  4. Bibit Pohon Karet
  5. BiBIT Jagung Super
  6. Binit Kedelai Unggul
  7. Bibit Kacang Tanah
  8. Bibit Sayur Organik
  9. Bibit Ubi-Ubian
  10. Bibit 
peluang usaha pertanian
Peluang Usaha Pertanian Di Desa

Iulah beberapa contoh Usaha Penjualan Bibit Pertanian, masih banyak lagi bibit bibit yang bisa kalian jual, sebelum menjual bibit pertanian sebaiknya kalian surpey pasar terlebih dahulu.

2. Bisnis Sayuran Organik

Jika pada poin Awal kita membahas usaha penjulan bibit pertanian, maka yang kedua ini kita akan membahas bisnis sayuran organik, sayuran organik atau sayur-sayuran yang tidak menggunkan pupuk  kimia ataupun sejenisnya.

Sayuran organik semakin digemari oleh banyak kalangan, mengkonsumsi sayuran organik dipercaya lebih aman dan sehat di bandingkan dengan sayuran yang sudah terkontaminasi oleh zat kimianya. 

dan bagaimana cara memulai bisnis sayuran organik? Jika seandainya kalian memiliki lahan alangkah baiknya jika lahan tersebut digunakan untuk membuat lahan tanaman sayuran organik. 

Cara membuat Lahan Sayuran Organik

  1. Pertama-tama kalian siapkan lahan dan bibit sayuran organik seperti bibit sayur sawi, untuk mendapatkan bibit organik kalian bisa dapatkan di toko pertanian terdekat atau bisa belanja melalui marketplace yang ada.
  2. Setelah sudah mendapatkan bibit. kalian siapkan polibag ukuran 1 liter, dan isi polibag dengan tanah, di usahakan menggunkan tanah dari sisa pembakaran, ataupun tanah hitam yang gembur, jika disekitar kalian ada kambing atau kandang kambing, maka tambhakan sedikit kotoran kambing ke dalam campura tanah yang sudah di siapkan.
  3. Lalu setelah tanah dan pupuk organik sudah bercampur rata, masukkan tanah ke dalam polibag, selajutnya baru kalain masukkan bibit tanaman tersebut secukupnya , 1 atau 2 bibit saja.
  4. Selanjutnya usahakan tanaman tersebut di siram sedik air saja, jangan sampai terlalu basah.
  5. Setelah bibit mulai tumbuh, usahakan selalu siram secara teratur, waktu menyiram sebaiknya sebelum matahari terbit terlalu tinggi, atau bisa setiap sore hari saja.
  6. Jangan tambahkan pupuk apa saja ke dalam polibag, cukup siram setiap hari dan rawat seutuhnya saja. dan tunggu sampai hari panen datang.
Begitula proses pembuatan lahan Sayuran Organik sederhana, bibit yang di gunakan di atas hanyal sebagai contoh, yuk mulai membuat usaha sayuran organik sendiri dirumah.

Macam Macam Usaha Pertanian
Bisnis Sayuran Organik

3. Budidaya Tanaman Rempah

Budidaya tanaman rempah juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk kalian yang ingin memulai merintis usaha, kalian bisa berjualan tanaman rempah, ataupun membudidayakannya sendiri. berikut cara pembudidayaan tanaman rempah.

Note : Tanaman rempah yang paling mudah tumbuh sebagai berikut :
  • Serai
  • Kunyit
  • Dau Bawang
  • Seledri
  • Kencur
  • Bawang merah
  • Cabai Rawit
Cara Pembudidayaan Tumbuhan atau tanaman Rempah sangat mudah, kalian tidak membutuhkan lahan yang begitu luas, terkecuali jika ingin membuka sekala besar. cukup memanfaatkan perkarangan belakang rumah. langkahnya hampir sama seperti pembuatan lahan sayur organik, akan tetapi sedikit berbeda untuk penempatan medianya. untuk budidaya tanaman rempah bisa ditanam langsung ke tanah. caranya :
  1. Siapkan lahan sekitar 1 Meter x 2 meter, gemburkan tanah yang ingin ditanami, cambur tanah dengan pupuk kompos, jika tidak ada, cukup menggunakan tanah sisah pembakaran untuk campurannya. stetalah penggemburan selesai seikit padatkan lagi tanah yang sudah di camput pupuk (jangan terlalu padat).
  2. Setelah media tanah sudah selesai, kalian siapkan bibit, Sebagai contoh  : jika ingin menanam serai dan kunyit, kalian tidak usah membeli bibit lempiran, cukup membeli serai yang masih kecil dan kunyit yang masih segar saja. tidak perlu dicuci, kalian langsung tanamkan ke tanah, kasih jarak penanaman sekitar satu jengkal (7-10 cm).
  3. Setelah penanaman sudah selesai, jangan siram tanah terlalu basah, usahakan tanaman langsung terkena sinar matahai, agar kelembapan tanah bisa teratur.
  4. Setelah bibit sudah memiliki akar, dan mulai hidup baru kalian siram dikit demi sedikt (siram jika tanahnya kering saja)
  5. untuk perawatan serai, jika ujungnya sudah mulai panjang boleh untuk dibersikan daun yang sudah mati.
  6. Masa panen yang baik berkisaran 2-3 bulan.
Peluang Usaha Pertanian
Budidaya Tanaman Rempah

4. Bisnis Hidroponik Sekala Rumahan

Hidroponik akhir akhir ini menjadi trend bisnis rumahan, kebanyak bisnis ini masih di gandrungi oleh kalangan menengah dan para ibu-ibu PKK, ada beberapa contoh ibu pkk yang sukses menjalankan bisnis tanaman hidroponik ini seperti yang ada di kabupaten malang. Tidak menutup kemungkinan kedepannya usaha hidroponik akan semakin meningkat, Tanaman hidroponik bukan hanya untuk dikonsumsi sendiri melainkan untuk menambah penghasilan sehari-hari. 

Membuat tanaman menggunakan metode hidroponik terbilang cukup mudah, tetapi budget yang di kelurkan cukup lumayan, tidak masalah jika kalian memiliki uang lebih dan baru ingin mencoba. inilah barang barang yang harus disaipkan jika ingin membuat tanaman hidroponik beserta contoh tanamannya.

Alat- alat yang di butuhkan :
  • Menngunakan Pipa paralon 
  • Tiang katu penyangga
  • Bak kecil/ Besar Penampungan Air Utama
  • Bak Kecil penempatan Wadak pertama tanaman
  • Pot Kecil ukuran 8 cm 
  1. Selang Air
  • Pompa/Mesin akuarium (untuk menyalurkan air atas bawah)
  • Itulah Bahan Pokok Utama Alat yang di butuhkan
Tanaman Yang Biasanya Di gunakan Untuk Hidroponik
  1. Kangkung Putih
  2. Sawi hijau
  3. Selada
  4. Bayam
  5. Seledri
  6. Brokoli
  7. Cabai
  8. Tomat
Untuk Membaca Cara Pembuatan Tanaman Hidroponi Klik Judul Bisnis Hidroponik Sekala Rumahan diatas berwarna biru pada no 4

Usaha Pertanian Hidroponik
Bisnis Hidroponik Sekala Rumahan

Usaha Yang Berhubungan Dengan Pertanian

Usaha Yang berhubungan dengan pertanian juga memiliki peluang yang signiifikan, peluang ini masih banyak di abaikan, padahal potensinya sangat besar, apa saja peluang bisnis yang masih berhubungan dengan pertanian sebagai berikut.
  1. Membuka Toko Alat Pertanian
  2. Membuka Usaha Penjualan Pupuk
  3. Menjual Bibit Perkebunan
  4. Membuka Usaha Persewaan Mesin Pertanian
  5. Membuka Usaha Simpan Pinjam Permodalan Usaha Pertanian
  6. Menjai Pengepul Atau Pemborong Hasil Pertanian
  7. Menjual Toko Obat Obatan Pertanian
  8. Dan masih banyak lainya
Untuk Membaca Cara Membuka Usaha Yang berhubungan Dengan Pertanian Bisa Klik judul di atas berwarna biru.

Itula pembahasann mengenai Peluang Usaha Pertanian Di desa dari Bisniskunews.com, semoga apa yang kami sajikan dapat bermanfaat. Terimakasih

LihatTutupKomentar