Adsense

Budidaya Sayuran Organik Dalam Polybag

Cara Budidaya Sayuran Organik Dalam Polybag 

Budidaya Sayuran Organik Dalam Polybag Sebenarnya terbilang cukup mudah untuk dilakukan, asalkan mengerti cara pembudidayaannya, Selain menjadi trend saat ini budidaya sayuran organik juga sangat menguntungkan jika di perjual belikan hasilnya. Pengelolaan budidayaan sayuran organik dalam polybag juga tidak membutuhkan lahan yang luas, jika kalian memiliki lahan yang cukup di sekitar rumah maka itu bisa di manfaatkan. 
Budidaya Sayuran Organik
Budidaya Sayuran Organik Dalam Polybag

Bisnis Budidaya Sayuran Organik Dalam Polybag Sangat Menguntungkan

Seperti yang di lakukan Ibu Ratna, beliau memanfaatkan pekarangan rumah untuk di jadikan lahan budidaya sayuran organik. beliu berkata selain mengkonsumsi makanan yang sehat, sayuran organik juga dapat di jual, cukuplah untuk menambah belanja dapur. 

Selain itu, ibu ratna berkata bahwa dengan adanya tanaman sayuran organik di depan rumah, saat ini halamannya terlihat rapi dan menyejukkan mata, akhirnya banyak tetanngga yang ingin belajar kepada beliau cara pembudidayaan sayur organik ini.

Jenis Sayuran Dalam Polybag

Banyak contoh sayuran organik yang dapat di tanam dalam polybag, penanaman dalam polybag bisa dilakukan asalkan mencukupi wadah dan tempatnya. inilah beberapa sayuran yang dapat ditanam dalam Polybag.
  • Sayur Bayam
  • Sayur Sawi Hijau
  • Sayur Kangkung
  • Sayur Selada
  • Brokoli Hijau
  • Cabai Merah
  • Cabai Rawit
  • Tomat
  • Masih Banyak Lainnya
Untuk Mengetahui Cara Pembudidayaan Perkebunan Cabai Merah Klik Disini

Cara Menanam Sayuran Di Polybag

Cara Menanam Sayuran Organik Di Polybag juga sangat mudah, tidak begitu menyulitkan, berikut ini contoh dan cara penanaman sayuran organik dalam polybag :
cara menanam sayuran di Polybag
Budidaya Sayuran Organik Dalam Polybag
  1. Siapkan Polybah ukuran 1-2 liter sekitar 30 sampai 50 Polybag
  2. Siapkan tanah kering, atau tanah sisah pembakan, tanah yang subur
  3. Lalu gemburkan tanah yang kering sampai halus, jangan sampai tanah masih berbongkah
  4. Setelah di gemburkan, lalu di ayak, agar tanah terpisah dari batu dan sejenisnya
  5. Campur tanah dengan pupuk organik, bisa menggunkan kotoran kambing dan sejenisnya
  6. Campurkan tanah yang sudah gembur dengan pupuk organik secara merata
  7. Perbandingan pupuk dengan tanah berkisar 60% Tanah 40% Pupuk
  8. Setelah merata masukkan tanah yang sudah bercampur ke dalam polybag
  9. Pengisian tanah jangan sampai terlalu penuh, sisahkan sekita 5cm di atasnya
  10. Setelah semua polybag terisi baru siapkan bibit yang ingin di tanam 
  11. Masukkan bibit jangan terlalu banyak cukup 1-3 biji saja
  12. Masukkan bibit ke dalam polybag, masukka sekitar sedalam 5-10 cm saja
  13. Setalah semuanya beres baru rapikan peletakan polybag, terserah kalian gimana rapinya
  14. Proses penyiraman boleh di lakukan, asalkan jangan terlalu basah , siram secukupnya saja
  15. Penyiraman dilakukan sebaiknya sebelum matahari terbit terlalu tinggi, juga bisa di sore hari saja
  16. Tunggu sampai benih bibit mulai tumbuh dan berakar.

Cara Merawat Sayuran Organik Di Polybag

Untuk perawatan sayuran organik di polybag tidak begitu sulit, cukup siram secara teratur dan rutin,  selain itu lakukan pengawasan terhadap hama, seperti ulat dan kumbang, agar tidak terkena hama, jangan semprotkan obat pertanian yang bersipat kimia, cukup lakukan penyiraman pada jam epektif saja lalu pembersihan secara rutin.

Setelah bibit sudah mulai tumbuh besar lakukan pemisahan jika bibit terlalu berdempetan (tumbuh double), agar pertumbuhan nutrisinya bagus. jarak antar polybag juga di atur agar terlihat rami, kasi jarak berkisaran satu jengkal saja.
Budidaya Sayuran Organik
Budidaya Sayuran Organik Dalam Polybag

TAMBAHAN

Ukuran Polybag Untuk Sayuran

Ukuran polybag sangat beragam, dari yang paling kecil hingga paling besar, untuk penggunaan polybag pada tanaman sayuran cukup gunakan ukuran kecil atau sedang saja, mengingat bahwa sayuran mudah berkembang maka gunakan satu polybag untuk satu tumbuhan, jika di tumpuk sayuran dalam satu polybag maka sayuran tidak akan berkembang dengan baik, dikarenakan kekurangan nutrisi dari tanah dan matahari.

Berikut ini jenis- jenis ukuran polybag :
1. Ukuran Polybag 8 x 9 CM
Ukuran ini tebilang ukuran yang paling kecil, ukuran 8 x 9 cm biasanya di gunakan untuk penyemaian biji  tanaman, dengan menggunakan media kecil seperti ini maka biji-bijian akan tumbuh kembang dengan baik, asupan nutrisinya sangat bagus. 

2. Ukuran Polybag 10 x 15 CM
Polybag Kedua ini bisanya berpungis sebagai penyemaian dan pemisahan setelah bibi bijian sudah tumbuh besar, ukuran ini juga bagus untuk wadah pemisahan benih cabai atau tomat.

3. Ukuran Polybag 12 x 17 CM
Memiliki ukuran medium rata-rata polybag ini cocok untuk pembibitan tanaman sayur sayuran, seperti sawi, bayam, selada dll. juga bagus untuk tumbuhan tanaman seperti kunyit, bawang merah, atau seledri.

4. Ukuran Polybag 17 x 40 CM
Penggunaan Polybag ibi bisanya sebagai pengganti pot bungan, ataupun tempat penanaman bunga yang berakar serabut, biasa di gunakan untuk di halaman belakang atau depan rumah.

5. Ukuran Polybag 40 x 50 CM
Ukuran ini biasanya di gunakan untuk penempatan tanaman bersekala besar seperti mangga pertanian, jambu pertanian, pepohonan yang sekalanya sedang, polibeng ini berpungsi untuk menampung jenis tumbuhan yang memiliki akar besar serabut mautun akar tunjang.

Itulah Pemaparan singkat dari Bisniskunews.com, tentang Cara Budidaya Sayuran Organik Dalam Polybag semoga informasi ini dapat memberikan manfaat Positif untuk kita semua, Amin.


LihatTutupKomentar