Adsense

Tips Cara Memulai Bisnis Loundry Rumahan Modal Kecil

Tips Cara Memulai Bisnis Loundry Rumahan Modal Kecil

Tips Cara Memulai Bisnis Loundry Rumahan Modal Kecil. Bisnis loundri rumahan mungkin dapat menjadi salah satu solusi untuk para ibu-bu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi bisnis loundry ini tidak membutuhkan keahlian yang begitu khusus, cukuup hanya bisa mempelajari cara mencuci jenis pakian yang berbeda  dan  memahami cara mengelola bisnisnya seperti apa.

Usaha Loundry

Nah kali ini Bisniskunews.com ingin membagikan tips cara memulai bisnis londry rumahan modal kecil secara detail. Mulai dari cara riset pasar, alat yang di butuhkan, cara mengelola bisnis loundry hingga tips marketing.

Tapi Ingat,, Walau kelihatannya sangat mudah dan sederhana, kita juga harus merencanakan secara matang looo. inilah beberapa hal yang harus anda siapkan :

  1. Mengenal Bisnis Loundy
  2. Tips Membuka Bisnis Loundry
    1. Riset Pasar
    2. Pengelolaan  Tempat
    3. Layanan 
  3. Peralatan Pokok Loundry Yang Dibutuhkan
    1. 1 Mesin cuci Front Loading 7 kg
    2. 1 Unit Mesin pengering 
    3. Alat Setrika
    4. Alat jemur
    5. Detergen dan pewangi
    6. Timbangan 
    7. Plastik kemasan
  4. Penyesuaian Harga Jasa
  5. Tips Marketing (Pemasaran)

Loundry??

Loundry (Panatu) merupakan jasa pencucian, pengeringan dan penyetrikaan pakaian ataupun barang barang tertentu. Loundry adalah layanan jasa efektif yang bisa dijalankan untuk membatu orang orang yang mungkin tidak sempat untuk mencuci sendiri, ataupun ada barang-barang tertentu yang tidak bisa di cuci sendiri dan harus menggunkan jasa loundry. Bisnis ini sangat menjanjikan jika dijalankan dengan strategi yang tepat.

Tips Membuka Bisnis Loundry Modal Kecil

1. Riset Pasar Untuk Bisnis Loundry 

Nah untuk awal sebaiknya yang harus dilakukan adalah melihat pasar (peluang konsumen) sekitar rumah anda, apakah di lingkungan tersebut cocok atau tidak, contohnya di lingkungan anda banyak anak kost seperti mahaswa dan pekerja, jika seandainya konsumenya lumayan banyak, berarti di sana ada peluang usaha.

2. Pengelolaan Tempat Untuk Bisnis Loundry 

Untuk masalah tempat, jika seandainya di rumah masih memiliki space yang cukup maka itu bisa di manfaatkan untuk mengurangi butget pengeluaran sewa tempat. untuk di awal diusahan anda sendiri yang mengelola bisnis tersebut, jika seandainya bisa di buat menarik maka buatla tempat anda semenarik mungkin agar menambah daya tarik konsumen untuk mencuci di tempat anda.

3. Layanan yang di berikan Untuk Bisnis Loundry 

Agar menarik konsumen buatlah layanan yang menarik dan berbeda, seperti layanan antar jemput dan layanan paket. dengan adanya layanan antar jemput lebih membantu calon konsumen dan akan menarik perhatian konsumen. buatla layanan paket paket yang menarik, contohnya jika paket 2 hari harga 8k dan 3 hari menjadi 5k per Kg. bisa di tambahakan paket hanya setrika ataupun pengeringan saja.

Peralatan Pokok Loundry Yang Dibutuhkan

1. Mesin Cuci Untuk Usaha Loundry

bisnis loundry rumahan
Mesin cuci adalah bahan pokok utama bisnis loundri ini. anda bisa mencari mesin cuci yang sesuai dan cocok untuk anda, untuk loundry ada dua jenis mesin cuci yang bisa kalian pilih, yakni Top Load dan Front Load. Untuk tipe Top load biasanya lebih banyak di gunakan karena lebih unggul dalam hal tampung dan beban berat, dan harganyapun lebih murah dibanding Front Load. namun tipe ini lebih membutuhkan banyak air dan detergen.

untuk mesin tipe Front Load itu lebih praktis karna tidak terlalu repot dalam pengangkatan pakaiannya. tipe ini juga lebih hamat air, dan hasil cuciannya lebih praktis dan bersih. tapi untuk harga tipe ini membutuhkan kocek lebih.

2. Pengering Untuk Usaha Loundry

Untuk saat ini banyak mesin cuci yang sudah di lengkapi pengering. namun jika ingin mempercepat pengerjaan, lebih baik anda menyediakan pengering otomatis secara terpisah. mesin  pengering sangat membantu sekali dalam pekerjaan, lebih cepat dan lebih efisien apalagi jika musim hujan telah tiba. Tapi jika budget anda belum mencukupi jangan terlalu di paksakan terlebih dahulu . anda cukup membeli mesin cuci yang sudah di lengkapi dengan pengering.

3. Alat Strika Untuk Usaha Loundry

Setelah pakaian sudah dinyatakan kering sehabis di jemur. Pastinya kita membutuhkan setrika. Setrika untuk laundry pastinya berbeda dengan setrika rumah tangga biasa. untuk usaha laundry sendiri lebih baik menggunakan jenis setrika uap, Agar pengerjaan lebih rapi dan cepat. akan tetapi Harganya tentu sedikit lebih mahal. Jenis setrika uap juga berpariasi tergantung  merknya.

4. Alat Jemur Untuk Usaha Loundry

Alat jemur juga sangat penting , karna saat setelah kita mencuci pakain dan di keringkan sebaiknya juga kita menjemur pakaian tersebut ke sinar matahari agar pengeringan lebih sampurna oleh karna itu kita sangat membutuhkan alat jemur seperti hanger.

5. Detergen dan Parfum Loundry

Saat mencuci pakaian pastinya kita harus menggunkan detergen. untuk usaha loundry di usahakan menggunkan detergent yang cukup bagus  agar cukup maksimal pencuciannya, detergen bloeh merk apa saja sesua selera, begitu juga pewangi atau perfum , parfum londri juga sudah banyak di jual di toko-toko alat londry.

6. Timbangan Untuk Usaha Loundry

Saat memulai usaha loundry kita juga harus memiliki timbangan, timbangan loundry sebaiknya menggunkan timbangan duduk , karna lebih akurat dan sedikit mudah dalam pengunaanya.

7. Plastik Kemasan (Packaging) Untuk Usaha Loundry

Plastik kemasan salah satu pelengkap terakhir, plastik loundy biasanya menggunkan plastik kiloan ukuran 20 x 32 ukuran lainnya juga beragam pilih saja sesuai dengan keinginan anda.



Penyesuaian Harga Untuk Usaha Loundry


Harga jasa loundry biasanya di sesuaikan juga dengan keadaan lingkungan di mana anda membuka jasa tersebut, harga juga dilihat dari aspek jenis pakain yang di cuci , harga bisa beragam mulai Rp 5.000 per Kg untuk pakaian biasa.   harga juga bisa di pariasi dengan cara jangka waktu pengerjaan , contoh jika pengerjaan paket kilat Rp 8.000 . maka untuk paket lainya harga di bawahnya seperti 3 hari pengerjaan Rp 5.000 / kg unuk 2 hari bisa 6.500/kg.

Tips Marketing Untuk Usaha Loundry

Marketing adalah ujung tombak anda untuk memajukan bisnis yang sudah di bangun, tanpa marketing bisnis tidak akan berjalan dengan baik, marketing bisa dilakukan dengan banyak hal. contoh:

1. Langkah pertama sebaiknya anda membuat logo dan nama brend sendiri untuk bisnis anda. agar orang mudah mengingat bahwa itu adalah bisnis anda.

2. Lakukan promosi dengan cara membuat bener di sekitar toko dan rumah kalian agar orang bisa tau bahwa di sana ada loundry.

3. Cetak selebaran, flayer, pamplet, untuk menambah promosi anda

4. Lakukan promosi melalui sosial media seperti facebook instagram dan share group wa

5. berikan diskon untuk pelanggan pertama agar menarik simpati pelanggan

6. Tambahkan layanan antar jemput agar pelanggan tertarik

7. Pasilitas member loundry kiloan atau member jenjang waktu 

Itula sedikit penjelasan tentang Tips Cara Memulai Bisnis Loundri Rumahan Modal Kecil yang bisa kami bagikan kepada teman-teman semua. semoga bermanfaat dan bisa memberikan sedikit gambaran untuk teman teman semua. Terimakasih


LihatTutupKomentar