Adsense

Cara Ternak Lele Pemula Kolam Tanah

Cara Ternak Ikan Lele Untuk Pemula Menggunakan Media Kolam Tanah

Cara Ternak Lele Pemula Kolam Tanah | Beternak Ikan Lele sekarang bukanlah lagi untuk di konsumsi sendiri, melainkan sudah menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. dikarenakan untuk sekarang ini, banyak sekali permintaan Pasar yang belum terpenuhi, maka dari itu usaha ternak ikan lele ini besar sekali peluangnya, ikan lele sudah menjadi  salah satu bahan pangan yang paling disukai masyarakat indonesia.



Maka kali ini Bisniskunews.com akan sedikit memberikan gambaran cara ternak ikan lele menggunakan  media Tanah secara lengkap.

1. Tempat Pembudidayaan Ikan Lele

untuk tempat banyak sekali yang bisa kita manfaatkan, kita bisa memili tempat seperti di kolam Tanah, kolam bak, kolam semen, kolam terpal, jaring apung dan kerambah. Namun pada kali ini kita akan membahas tentang pengelolaan menggunakan media tanah , dikarenaka metode ini banyak sekali di gunakan para pembudidaya ikan lele lainnya. dan juga lebih menghemat biaya. 



Tahap yang harus di lakukan dalam membuat kolam tanah sebagai berikut:

A. Pengeringan dan Pengolahan Tanah
- Pengeringan tanah bertujuan untuk membunuh mikro organisme jahat yang dapat membawa penyakit pada ikan tersebur, pengeringan yang bagus bisa dilakukan selamah 4-7 hari.

- Pengapuran dan Pemupukan
pengapuran : Bertujuan sebagai penyeimbangan kolam agar mikroorganisme patogen dapat terbunuh dengan cepat, kapur yang digunakan adalah dolomit atau kapur tohor. (bisa di beli di penjual toko racun)
Pemupukan : pupuk yang bisa digunakan yaitu pupuk organik di tambah pupuk urea dan TPS, pemupukan bertujuan agar menyediakan nutrisi bagi biota air seperti pitoplanton dan cacing, biota tersebut berguna sebagai makanan alami untuk ikan lele.

- Mengatur Air Kolam
Setelah kolam di pupuk, isi kolam dengan air setinggih 35 sd 44 cm , Tetapi untuk kolam yang ideal bagusnya air tersebut setinggi 100 sd 120 cm, tetapi itu tergantung dengan tinggi kolamnya juga.

2. Pemilihan Bibit (benih) Ikan Lele

Jika Lele yang kita budidayakan ini untuk di jadikan sebagai usaha, maka pilihlah bibit yang bagus, seperti bibit lele Sangkuriang, dikarenakan bibit ini lebih mudah dibudidayakan dan lebih tahan penyakit, dan juga lebih cepat berkembang pertumbuhannya.

- Memilih Benih Yang Unggul
Carilah benih yang sehat, yang lincah dan normal renangnya agar memastikan nanti bibit tersebut tidak mudah mati, benih yang bagus biasanya memiliki ukuran 5-7 cm.




- Cara Penebaran Benih
Saat penebaran bibit lakukan dengan menggunkan ember yang lebar agar nanti bibit ikan lele lebih leluarsa keluan dan,bisa menyesuikan diri saat peralihan suhu air dari ember ke kolam.
catatan, jangan lalukan penebaran dengan menggunakan tangan kita,bertujuan agar ikan tidak stres.

3. Pakan Untuk Ikan Lele

Pakan yaitu arti kata lain dari makanan lele atau yang seringkali di sebut dengan pur ikan. pakan merupakan makanan pokok awal ikan lele agar nutrisi dan proteiin ikan tetap terjaga dan seimbang. tapi untuk sekarang ini pakan sudah hampir mahal, sebaiknya anda memili pakan yang baik seperti pakan yang menawarkan FCR(foor convertion ratio)

- Pemberian Pakan Utama
Pemberian pakan pada ikan tergantung juga dengan nafsu makan ikannya, pemberian pakan ikan yang bagus 4-5 kali dalam sehari.

- Pemberian Pakan Tambahan
Pemberian Pakan Tambahan ini tidak terlalu menguras kantong anda, anda cuma perlu mencari keong mas dan cacing untuk pakan tambahannya, keong mas dan cacing sangat berguna karena itu adalah salah satu makanan tambahan yang alami untuk ikan anda,
yang harus anda ingat, bahwa anda jangan sampai telat memberikan makan pada ikan ,karena ikan memiliki sipat kanibal, jika ia sudah terlalu lapar maka ia akan memakan ikan lainnya.


4. Pengelolaan Air

Hal penting lainnya dalam pembudidayaan ikan lele adalah mengelola air dengan baik dan teratur. bertujuan agar nantinya mendapatkan hasil yang maksimal.
penggantian air juga tergantung dengan keadaan kolam, jika bekas pakan sudah mengendap dan mulai berbau maka gantilah air tersebut,

5. Pengawasan Hama Dan Penyakit

Dalam beternak lele ini, banyak sekali kendala yang akan kita temui, seperti ikan banyak yaang mati, ikan yang hilang. itu biasanya disebabkan oleh hama, seperti ular, sero, musang air, untuk mengatasi hal tersebut kita cukum menutup lubang keluar masuknya air ,agar hama tidak dapat masuk,
dan untuk penyakit kita cukup merawat kolam dengan baik agar air dan dataran kolam tertap setabil.



6. Proses Panen Ikan Lele

Mungkin proses inilah yang sangat di tunggu-tunggu oleh pembudidaya. tapi untuk memenan ikan lele sebaiknya ikan sudah berumur 2,5- 3,5 bulan, memiliki berat 400-500 gram per ekor dan sudah berukuran 15-20 cm. ingat 24 jam sebelum pemanenan ikan sebaiknya ikan jangan diberikan pakan terlebih dahulu, bertujuan agar nanti ikan tidak membuang kotorannya saat pemanena sudah selesai.dan sudah ditempatkan di kantong bak.

Untuk Cara Pemasaran Ikan Lele klik Disini

Itulah Sedikit pemaparan tentang Cara Ternak Ikan Lele Pemula Kolam Tanah dari bisniskunews.com, Semoga bermanfaat dan terimakasih.


LihatTutupKomentar